Potensi Alam Manggis Di Kampungku Tanjung Medan, Ampek Angkek, Agam

Potensi alam manggis di kampungku Tanjung Medan Nagari Biaro Gadang kecamatan Ampek Angkek kabupaten Agam.

Saya pernah bercerita dengan salah seorang bapak-bapak dari Payakumbuh yang menanyakan tentang buah manggis di tempat saya.
Beliau menanyakan apakah ada manggis di tempat saya saya jawab ada.
Ternyata beliau ingin menyampaikan bahwa di kampungnya di Payakumbuh juga ada manggis.
Yang ada di Payakumbuh lebih kecil buahnya dibanding di tempat saya di kabupaten Agam.
Makan manggis yang ada di kabupaten Agam ini besar besar dan bagus buahnya dan sangat cocok sekali untuk diekspor.
Saya lupa beliau mengatakan salah satu tempat penghasil manggis di Indonesia yang sama kondisinya dengan kabupaten Agam Iyalah di Bandung atau daerah Jawa Barat
Entah manggis Bandung yang nomor satu entah manggis kabupaten Agam yang nomor satu pokoknya kedua-duanya sangat berkelas untuk potensi ekspor ke mancanegara.
Menurut saya ini sesuatu yang biasa karena sejak kecil saya sudah sering memanjat manggis nenek yang sampai sekarang masih ada buahnya.
Saat saya masih kecil tersebut manggis itu belum banyak dijual seperti sekarang jadi kalau musim buah manggis saya yang pandai memanjat sibuk mengambil manggis dan memakannya.
Tapi sekarang manggis sudah berbeda karena manggis ternyata sangat mempunyai nilai jual untuk diekspor baik buahnya maupun kulitnya.

Di tempat saya tinggal sekarang karena kita tidak tahu bagaimana untuk mengolah kulit manggis sebagai obat kadang sehabis makan manggis kulitnya hanya terbuang percuma.

Disini sebaiknya kita belajar kepada orang Cina.

Yang tahu potensi manggis untuk makanan ekspor kemudian tahu pula potensi manggis yaitu kulitnya sebagai bahan obat.

Mereka cerdik memanfaatkan kondisi ini dengan membeli buah manggis di mana buahnya diekspor sedangkan kulitnya diolah sebagai bahan obat.

Wajar orang Cina sungguh dalam berusaha karena di negerinya untuk tumbuh tumbuhan seperti manggis belum tahu bisa sesubur di tempat kita di daerah yang dilalui oleh khatulistiwa.

Karena mereka tinggal di tempat kita dan mereka merantau di negara kita maka mereka sungguh-sungguh dalam berusaha.

Sementara kita hanya seperti tikus kelaparan yang ada di lumbung padi.
Potensi alam manggis

0 Response to "Potensi Alam Manggis Di Kampungku Tanjung Medan, Ampek Angkek, Agam"

Post a Comment